Posted by Unknown | 0 comments

JURUS JITU PACKING YANG EFISIEN


Liburan pasti identik dengan packing. Ya, packing, istilah kerennya, atau mengemasi atau mengepak barang bawaan  menjadi ritual wajib yang dilakukan oleh para Traveler saat mereka hendak bepergian. Dalam hal mengemasi barang ini tak bisa diremehkan. Anda perlu menyiasati barang bawaan Anda agar tidak terlalu memakan tempat saat di dalam transportasi dan juga mengganggu perjalanan Anda. Dengan kata lain, koper atau ransel pun bisa jadi lebih ringkas. Mau pakai ransel atau koper semua ada rumusnya, agar barang bawaan tak ada yang ketinggalan dan berguna sesuai fungsinya. Berikut ini, Wina Tour memberikan sedikit siasat agar perjalanan Anda lebih menyenangkan dengan sistem packing yang lebih baik.
  • Buatlah daftar barang yang perlu dibawa. Sebaiknya daftar barang disesuaikan dengan tujuan perjalanan Anda supaya lebih efektif dan efisien. Klasifikasikan barang-barang sesuai jenisnya. Misalnya, pakaian, makanan, obat-obatan, kosmetik, perlengkapan mandi dan lain.
  • Seleksi barang yang akan dibawa. Sebelum memasukkan ke koper, letakkan barang-barang Anda di sofa atau tempat tidur. Hal itu akan memudahkan Anda menyeleksi apakah Anda membawa cukup pakaian dan perlengkapan lainnya, atau malah berlebihan. Letakkan barang-barang Anda yang terberat di bagian koper atau ransel paling bawah, misalnya sepatu kets, sepatu kulit, tas alat mandi, atau peralatan elektronik. Pakaian yang berbahan denim pun sebaiknya diletakkan di bagian paling bawah.
  • Tak perlu membuka plastik, jika pakaian yang akan dibawa baru keluar dari laundry. Jangan buka plastiknya, langsung lipat, untuk mengurangi lipatan dan kerutan yang akan terjadi. Gaun juga sebaiknya dimasukkan ke plastik laundry, kemudian lipat di bagian pinggang. Jika membawa lebih dari satu gaun, tumpuk dahulu, baru dilipat sekaligus.
  • Lipatlah baju dengan mudah dan praktis. Balik jas atau blazer Anda menjadi bagian dalam di luar, lantas lipat menjadi seperempat. Bahan rajutan sebaiknya digulung daripada dilipat agar tidak kusut dan tidak memakan tempat. Bahan katun, pakaian dalam, kaus kaki dan dasi sebaiknya juga digulung. Setelah digulung, kaus kaki dan pakaian dalam bisa dimasukkan ke sepatu agar bentuk sepatu tetap prima dan menghemat tempat.
  • Gunakan metode gulung pakaian untuk ransel dan metode mengunci pakaian untuk koper. Jika Anda pergi dengan membawa ransel, metode gulung adalah yang terbaik. Letakkan kaus lengan panjang mendatar, ratakan dengan tangan, lengan kiri dan kanan kaus disilang di atasnya, lipat dengan arah separuh vertikal, kemudian gulung mulai dari bawah ke atas. Tetapi jika membawa koper, gunakan metode saling mengunci (tumpuk dua potong pakaian secara merata, kemudian lipat yang satu ke dalam yang lain sehingga saling melindungi supaya tidak lecek). Letakkan tisu di antara lapisan pakaian untuk membantu mencegah pakaian jadi kusut.
  • Perhatikan penyimpanan alat mandi, alat make-up, dan sepatu. Simpan sepatu, peralatan mandi, alat make-up dan lainnya dalam kantong plastik yang bisa ditutup (zip lock) agar tidak mengotori pakaian. Peralatan mandi dan kosmetik juga sebaiknya dituangkan ke wadah atau botol kecil dahulu. Namun jangan mengisi botol sampai penuh karena tekanan udara dalam kabin pesawat dapat menyebabkan isi botol jadi kepenuhan dan meluber.
Sudah siap bertualang? Nah, semoga teknik packing di atas berguna untuk para Traveler. Pasti ada euphoria tersendiri saat menyiapkan barang bawaan Anda. Jadikan saat packing adalah seni tersendiri bagi Anda yang gemar bepergian. Selamat mencoba, and happy holiday!! ;)

Sumber : readerdigest(dot)com
Editor : Tim Wina Tour

0 comments: